Jumat Curhat Bersama Tukang Ojek, Satbinmas Tabalong Dengar Aspirasi Warga soal SIM

Tabalong – Dalam rangka memperkuat komunikasi serta membangun kedekatan antara kepolisian dan masyarakat, Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas) Polres Tabalong kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat. Kali ini kegiatan berlangsung di Pos Pangkalan Ojek Amanah, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Rabu siang (10/09/2025).

Dipimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Tabalong, AKP Dedy Indarto, kegiatan ini berlangsung dalam suasana santai dan penuh keterbukaan. Sejumlah warga yang berprofesi sebagai tukang ojek Amanah menyampaikan berbagai pertanyaan, keluhan, hingga saran secara langsung kepada pihak kepolisian.

Salah satu tukang ojek menyampaikan keluhannya terkait kesulitan memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM).
“Terima kasih sambangnya ke pos kami, kami tukang ojek Amanah Taman Mabuun berterima kasih kepada petugas polisi yang telah datang. Mumpung ada bapak, kami ingin bertanya, SIM merupakan surat penting bagi kami, bagaimana cara yang mudah untuk memperpanjang SIM kami yang masa berlakunya telah habis?” tanyanya.

Menanggapi hal tersebut, AKP Dedy Indarto memberikan penjelasan.
“Bagi Bapak para tukang ojek, sangat mudah untuk memperpanjang SIM. Cukup mendatangi layanan Mobil SIM Keliling yang biasa hadir di Pasar Mabuun, atau datang langsung ke Pelayanan Terpadu Satpas Polres Tabalong. Namun perlu diingat, jangan sampai SIM habis masa berlakunya baru ingin memperpanjang, karena jika sudah lewat masa berlaku, maka akan diproses ulang seperti membuat SIM baru,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Tabalong AKBP Wahyu Ismoyo J., S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla. melalui PS Kasi Humas IPTU Joko Sutrisno menyampaikan bahwa kegiatan Jumat Curhat menjadi wadah penting untuk menjembatani komunikasi antara Polri dan masyarakat.
“Kami berharap melalui kegiatan Jumat Curhat, masyarakat semakin terbuka menyampaikan keluhan dan saran. Kehadiran Polri di tengah masyarakat tidak hanya untuk menjaga keamanan, tetapi juga memberikan solusi serta pelayanan yang mudah diakses,” ungkap IPTU Joko.

Kegiatan Jumat Curhat ini mendapat sambutan positif dari para tukang ojek, karena mereka merasa lebih dekat dengan aparat kepolisian sekaligus mendapat pemahaman langsung terkait layanan kepolisian yang bermanfaat bagi keseharian mereka.(*)