Satlantas Gelar Penyuluhan Tertib Berlalu Lintas melalui Program Safety Riding kepada Anggota PMR

Polres Tabalong – Polres Tabalong melalui Unit Kamsel Sat Lantas melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang tertib berlalu lintas kepada anggota Palang Merah Remaja (PMR) di Pondok Pesantren Al-Islam Kambitin, Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, pada Kamis pagi (19/09/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Safety Riding, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di jalan raya.

Kapolres Tabalong, AKBP Wahyu Ismoyo J., S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla., melalui Kasi Humas Polres Tabalong IPTU Joko Sutrisno, menjelaskan bahwa penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para anggota PMR mengenai pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas di jalan raya. “Kami berharap para peserta dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, dengan tidak menggunakan handphone saat berkendara, selalu mengenakan sabuk keselamatan atau safety belt saat mengemudi, tidak melawan arus, mematuhi rambu-rambu dan marka jalan, serta mengutamakan keselamatan di atas kecepatan,” ujar IPTU Joko.

Dalam penyuluhan ini, petugas juga menekankan pentingnya menjaga perilaku berkendara yang aman guna meminimalisir pelanggaran lalu lintas serta mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para anggota PMR dapat menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi contoh bagi lingkungan mereka dalam berlalu lintas secara tertib dan aman.

Kegiatan Safety Riding ini merupakan bagian dari upaya Polres Tabalong dalam menciptakan generasi muda yang sadar akan pentingnya keselamatan berkendara, serta untuk menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman di Kabupaten Tabalong.(*)