Satgas Preventif Satsamapta Gelar Patroli Dialogis untuk Menjaga Kamtibmas Jelang Pilkada

Polda Kalsel – Polres Tabalong melalui Satgas Preventif Satsamapta Polres Tabalong melaksanakan patroli dialogis dalam rangka Operasi Mantap Praja Intan 2024 pada Sabtu pagi (07/09/2024). Patroli ini bertujuan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Tabalong.

Patroli kali ini menyasar daerah-daerah rawan tindak pidana di wilayah hukum Polres Tabalong, seperti Kantor KPU, Bawaslu, posko calon bupati dan wakil bupati, serta pasar Tanjung. Kegiatan ini dilakukan dengan metode patroli presisi, yaitu berdialog dengan masyarakat serta memberikan imbauan untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di objek vital.

Dalam pelaksanaan patroli, personel Polres Tabalong menghimbau masyarakat agar selalu tertib dalam beraktivitas, terutama dalam momen-momen menjelang Pilkada yang dapat memicu situasi sensitif di beberapa titik.

Kapolres Tabalong AKBP Wahyu Ismoyo J., S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla., melalui Kasi Humas Polres Tabalong IPTU Joko Sutrisno menyampaikan bahwa, “Kami berupaya untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri melalui kegiatan patroli rutin. Kehadiran anggota kami di lapangan diharapkan dapat menciptakan rasa aman dan nyaman di masyarakat. Selain itu, kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi yang kondusif demi kelancaran pesta demokrasi di Tabalong,” ujar IPTU Joko.

Patroli ini diharapkan dapat mencegah potensi gangguan keamanan serta memberikan rasa aman kepada masyarakat selama berlangsungnya tahapan Pilkada di Kabupaten Tabalong.(*)