Sosialisasikan Aplikasi KTP Elektronik dari Disdukcapil Di Gelar Di Polres Tabalong

Polres Tabalong – Sosialisasi dan penyuluhan terkait Aplikasi KTP Elektronik yang dipimpin oleh Kadisdukcapil, Ir. Rowi Rawatianice, M.T, bersama enam orang pegawai Disdukcapil. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Tatag Trawang Tungga Polres Tabalong, dihadiri oleh Kabag Ops Polres Tabalong, AKP Hasanuddin, S.H., para Kapolsek jajaran, serta personil Polres Tabalong. Jumat (06/09/2024) pagi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan identitas kependudukan digital yang diakses melalui aplikasi KTP elektronik, sebagai langkah menuju digitalisasi administrasi kependudukan.

Dalam paparannya, Kadisdukcapil, Ir. Rowi Rawatianice, menyampaikan pentingnya transformasi KTP elektronik dari bentuk fisik ke digital. “Saya yakin bapak-bapak di ruangan ini sudah memiliki KTP elektronik konvensional yang disimpan di dompet. Namun, kini kami memperkenalkan KTP elektronik yang bisa diakses melalui gawai. Akses ini akan memberikan banyak informasi yang penting bagi kita semua,” jelasnya.

Beliau juga menekankan pentingnya pemahaman yang benar mengenai identitas kependudukan digital ini. “Identitas kependudukan digital pertama kali diluncurkan pada tahun 2022, tepatnya di bulan Mei. Pada tahap awal, semua jajaran Dukcapil se-Indonesia sudah diinstruksikan untuk mengakses identitas digital ini. Saat ini, kami sudah mencapai 100% akses untuk pegawai Capil di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Kapolres Tabalong AKBP Wahyu Ismoyo J., S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla., melalui Kasi Humas Polres Tabalong IPTU Joko Sutrisno menyampaikan bahwa Polres Tabalong mendukung program ini. “Kami mendukung penuh program pemerintah terkait penerapan identitas kependudukan digital ini. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam mempermudah akses layanan publik dan memastikan keamanan data pribadi masyarakat,” ujarnya.

Setelah sesi pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan praktik langsung oleh para personil Polres Tabalong untuk mendownload aplikasi KTP elektronik yang dipandu oleh pegawai Disdukcapil. Sosialisasi ini diharapkan dapat mempercepat adopsi identitas kependudukan digital di lingkungan kepolisian dan masyarakat Tabalong pada umumnya.(*)