Siap Amankan dan Sukseskan Pilkada Tabalong 2024, Polres Tabalong Gelar Sispamkota

Polres tabalong, Polda Kalsel – Kesiapan pengamanan pilkada tahun 2024 Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong, Polres Tabalong menggelar Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Lapangan Pendopo Bersinar Tanjung, Kecamatan Murung Pudak, Tabalong. Jum’at (23/08) pagi.

Simulasi ini bagian dari rangkaian pengamanan untuk memetakan potensi kerawanan kamtibmas yang mungkin terjadi selama proses Pilkada Tabalong. Selain dari pada itu juga memberikan gambaran teknis dan taktis, serta cara bertindak petugas secara cepat, tepat dan efektif apabila terjadi situasi kontinjensi saat Pilkada berlangsung pada 27 Nopember 2014.

Masing – masing stakeholder terkait dapat memiliki gambaran setelah melihat pelaksanaan simulasi Sispamkota yang berlangsung sekarang ini, sehingga dapat bersinergi dalam tugas pengamanan Pilkada nanti.

Polres Tabalong melibatkan dua pertiga dari jumlah personel dalam pengamanan proses pelaksanaan Pilkada guna mewujudkan Pilkada damai, aman, dan kondusif.

Sebelum simulasi Sispamkota Polres Tabalong dimulai, kegiatan diawali dengan apel gelar pasukan dilanjutkan Deklarasi Damai diikuti seluruh Partai Politik, Gakkumdu, Pihak Pengamanan dan Penyelenggara Pemilu 2024 Kab. Tabalong.

Terlaksananya Simulasi Sispamkota untuk mendukung dan sukseskan Operasi Mantap Praja Intan 2024 dalam pengamanan Pilkada Tabalong 2024.

Tampak hadir di penyelenggaraan Simulasi Sispamkota Polres Tabalong Unsur Forkopimda Tabalong, Kepala Kemenag Tabalong, Kepala BPBD Tabalong, Kepala BNNK Tabalong Kadis Kesehatan Tabalong, Kepala Kesbangpolinmas, Kadishub Tabalong, Kasat Pol PP Tabalong, Pihak Penyelenggara Pemilu 2024, Kasubdenpom Tanjung, Danki 2 Batalyon B Pelopor Tanjung, Ketua Senkom, Ketua KNPI, Ketua Banser, Ketua MUI, Ketua NU, Ketua Muhammadiyah, Ketua HMI Tabalong, Ketua FKUB Tabalong, Ketua Adat Dayak Deah Tabalong, Ketua Adat Maayan Tabalong dan Ketua Partai Politik di Tabalong.

Kapolres Tabalong AKBP Wahyu Ismoyo J., S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla didampingi Forkopimda dan Pihak penyelenggara Pilkada Tabalong 2024 melakukan Doorstop bersama media, mengatakan bahwa Kita ketahui bersama dari seluruh provinsi Kalimantan Selatan ini kurang lebih 6 ribu personel gabungan TNI Polri beserta unsur pengamanan lainnya. Kita tadi sudah kita lakukan apel gelar pasukan kemudian sispamkota itu untuk pengecekan sarana, prasarana dan personil dalam rangka kegiatan khususnya di Kabupaten Tabalong.

“Kita untuk pola pengamanan pada intinya kurang lebih sama dengan pola pengamanan waktu Pilpres dan Legislatif kemarin.

Kita kategorikan TPS ada tiga yaitu daerah yang kurang rawan, daerah rawan kemudian kategori khusus. Kita ada daerah rawan itu

bukan karena rawan kejahatannya karena daerahnya yang jauh terpencil ini ada 5 desa, baik di Kecamatan Muara Uya dan Bintang Ara. Untuk kategori khusus itu nanti di Lapas dan Rutan”, ucap Kapolres.

“Terkait bantuan pengamanan, untuk sementara bantuan anggota pengamanan dari Brimob dan TNI kita standby kan istilahnya Kontinjensi apabila kekuatan dari Polres maupun dari TNI dari unsur pengamanan lainnya kita kurang mampu nanti kita minta backup dari Brimob”, terangnya.