Upau Dihebohkan Dengan Penemuan Bayi Perempuan Dikebun Karet Warga

Polda Kalsel – Polres Tabalong – Satuan Reserse Kriminal Polres Tabalong yang dipimpin oleh Kasat Reskrim IPTU Danang Eko Prasetyo, S.Sos., M.M bersama Polsek Upau yang dipimpin oleh Kapolsek IPTU Heri Siswoyo, S.H melakukan pengamanan dan pengolahan tempat kejadian perkara penemuan bayi pada Sabtu (15/06/2024) pagi.

Kapolres Tabalong AKBP Anib Bastian, S.I.K., M.H melalui PS.Kasi Humas IPTU Joko Sutrisno membenarkan perihal penemuan bayi berjenis kelamin perempuan yang ditemukan pertama kali oleh saksi Sismanto (69) yang sedang melakukan aktifitas menyadap pohon karet dikejutkan oleh suara tangisan bayi.

Kemudian Saksi Sismanto mendatangi saksi Marjuni untuk bersama-sama mencari sumber suara tersebut.

Setelah didekati keduanya menemukan sesosok bayi berjenis kelamin perempuan yang di perkirakan baru lahir dengan tali pusar sudah di potong yang di letakan di atas tanah tanpa baju dan tanpa alas, kemudian para saksi membawa bayi tersebut ketempat Kepala Desa.

Menurut keterangan Bidan Nurhana, bayi tersebut diperkirakan baru dilahirkan sekitar 4 jam sebelum ditemukan dan setelah dilakukan pemeriksaan, bayi perempuan tersebut dalam keadaan sehat dengan berat badan 2,6 kilogram dan untuk sementara waktu dirawat oleh kepala desa.
Setelah dilakukan penyelidikan, polisi berhasil menemukan diduga orang tua bayi tersebut yaitu perempuan berusia 16 tahun dan pria berusia 17 tahun.

Setelah ditanyakan alasan menelantarkan bayi tersebut, mereka mengakui malu karena bayi perempuan tersebut merupakan hasil perbuatan di luar pernikahan.

Untuk sementara kedua orangtua bayi tersebut diamankan kepada orang tua mereka masing-masing yang nantinya akan dimintai keterangan perihal penelantaran bayi tersebut.(*)